8 Rahasia Sukses Bisnis Khadijah (Bagian 3)

Kamis, 26 Juli 2012

RAHASIA KETIGA: Punya Modal dan Pandai Mengelola

Pada dasarnya modal uang itu penting, tapi bukan segalanya. Justru yang terpenting bagi seorang wirausahawan adalah memiliki jaringan yang kuat dan kemampuan leadership. Kedua modal ini didapat bukan dari pinjaman bank, investor, bukan pula harta warisan. Keduanya tidak bisa dimiliki secara instan. Tetapi harus dibangun dari bawah. Setahap-demi setahap serta membutuhkan konsistensi dan persistensi. Keistimewaan KHADIJAH memiliki semuanya. Salah satu wanita yang dijamin masuk surga ini memiliki harta yang melimpah sekaligus bisa mengelolanya.

Mungkin bagi sebagian orang yang bukan wirausahawan berpikir bahwa dalam bisnis uang adalah segalanya. Kalau modalnya besar kemungkinan berhasilnya semakin tinggi. Kalau uangnya banyak bisnisnya pasti bisa jalan. Kenyataannya tidak demikian.
Buktinya banyak wirausahawan sukses memulai usaha dalam kondisi keterbatasan baik keterbatasan modal maupun pengetahuan. Awalnya yang dimiliki hanyalah semangat dan keyakinan untuk berhasil.

KHADIJAH tidak berpangku tangan dan menghabiskan harta warisan suaminya untuk keperluan sehari-hari—membaiayai hidup dan membesarkan anaknya. Padahal jikalau mau, harta yang dimiliki KHADIJAH tidak akan habis membiayai semua itu.

KHADIJAH kembangkan aset yang dimiliki dengan melakuan perniagaan. Beliau membuka lapangan pekerjaan, bekerjasama dengan kaum laki-laki Quaraisy untuk mendapatkan mendapatkan untung bersama. Tidak heran jika kekayaanya terus bertambah. Kelimpahan harta dari hasil perniagaan itulah yang kemudian dengan leluasa beliau gunakan untuk mendukung dakwah Rasulullah Shalallau alaihi wasalam.
[Ben Sholeh]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Reading

Artikel Favorit