12 Rahasia Sukses Bisnis Rasulullah SAW

Sabtu, 09 April 2011


Menjadikan Bekerja Sebagai Ladang Menjemput Surga

Pada suatu ketika, Sa'ad bin Musa Al-Anshari menuturkan sebuah kisah, bahwa pada waktu Rasulullah SAW baru kembali dari perang Tabuk, beliau SAW melihat tangan Sa'ad yang melepuh. Kulitnya gosong kehitam-hitaman karena diterpa sengatan matahari.
"Kenapa tanganmu?" Tanya Rasulullah.
"Karena aku mengolah tanah dengan cangkul ini untuk mencari nafkah keluarga yang menjadi tanggunganku," jawab Sa'ad.

Rasulullah lalu mengambil tangan Sa'ad dan menciumnya seraya berkata, "Inilah tangan yang tidak pernah disentuh api neraka." Dalam riwayat lain, setelah mencium tangan Sa'ad beliau berkata, "Hadzihi yaddun yuhibuhallahu wa Rasuuluhu, inilah tangan yang dicintai Allah dan Rasul-Nya." (HR At- Thabrani)

Jujur dan Dapat Dipercaya

Dalam sebuah hadist mulia yang sudah tidak asing lagi bagi kita telah diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Al-Hakim, Rasulullah SAW bersabda "Pedagang yang beramanat dan dapat dipercaya, akan bersama orang-orang yang mati syahid nanti di hari kiamat."

Ini adalah Rahasia terbesar dan paling berpengaruh yang dapat kita tiru dari Rasulullah SAW. Kejujuran Rasulullah membuat beliau banyak memimpin khafilah perdagangan yang menguntungkan yang belum pernah diraih oleh misi-­misi dagang sebelumnya. Mulai dari Yaman-Syam, Madyan, Wadil, Qura dan banyak tempat lain yang pernah beliau tempuh.

Sifat kejujuran beliau inilah, yang juga mengantarkannya di waktu muda sehingga beliau dijuluki dengan Al-Amin. Inilah julukan yang diberikan penduduk Makkah kepada Muhammad SAW. Al-Amin artinya yang dipercaya. Gelar ini diberikan karena kejujuran beliau.

Kejujuran dan dapat dipercaya adalah salah satu kata kunci kesuksesan seorang entrepreneur. Suatu bisnis tidak akan bisa berkembang sendiri tanpa ada kaitan dengan orang lain. Sementara kesuksesan dan kelanggengan hubungan dengan orang lain atau pihak lain, sangat ditentukan oleh kejujuran kedua belah pihak.
"Kejujuran akan membawa ketenangan, sementara ketidakjujuran akan menimbulkan keragu-raguan." (HR. Tirmidzi).

Memiliki Mimpi Dan Mau Menindaklanjutinya

Rasulullah SAW adalah pribadi yang memiliki impian besar. Sejak kecil selalu memimpikan bisa menjadi pemimpin yang disegani meskipun ia berangkat dari keluarga miskin dan yatim piatu. Ia sadar dengan kemajuan dan kesuksesan yang harus direngkuhnya di masa depan. Pikirannya terus melompat ke depan membayangkan kemungkinan-kemungkinan baru yang bias ia lakukan, kemungkinan yang lebih baik dari sebelumnya. Ketika pikiran itu telah muncul ia pun mulai memikirkan strategi mewujudkan segala impian yang ada dalam benaknya dengan tindakan nyata.

Baginya, setelah memiliki impian, yang terpenting adalah bertindak. Setelah beriman, baru beramal dan berbuat baik. Itulah konsepnya.

Dalam diri Rasulullah SAW telah tertanam prinsip yang kuat bahwa hari ini haruslah lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini. Prinsip inilah yang membuat kariernya berkembang begitu pesat. Dimulai dari seorang pengembala kambing, Rasulullah lalu memutuskan untuk membantu pamannya dalam berdagang. Ketika ia telah memiliki keahlian yang mempuni, menawarkan jasa menjadi agen dengan pengusaha kaya, Khadijah binti Khuwailid, dan belakangan Rasulullah benar-benar menjadi seorang saudagar kaya dan menyunting perempuan terkaya, Khadijah sebagai isterinya. Tak hanya itu, karena tindakan-tindakan nyata yang secara terus menerus tanpa kenal henti, Rasulullah akhirnya mampu mengubah dunia Arab terutama Makkah yang tadinya tandus nan gersang yang sama sekali tidak dilirik dan diperhitungkan dunia luar, menjadi sebuah kota yang disegani. Itulah mengapa tidak berlebihan jika dikatakan, bahwa Rasulullah tidak hanya pandai bermimpi, tapi beliau juga jago mewujudkan impiannya. Subhanallah!

Befikir Visioner, Kreatif, dan Siap Menghadapi Perubahan 

Kedewasaan seorang entrepreneur sangat ditentukan oleh seberapa tegar ia menghadapi tantangan-tantangan yang datang. Ia tidak mudah putus asa meski berkali-kali jatuh. Ketika jatuh, ia segera berdiri dan melihat masalah yang dihadapinya sebagai jalan menuju kesuksesan berikutnya. Resiko baginya adalah bibit kesuksesan bukan musibah.

Dengan visioner dan kreativitasnya Nabi Muhammad, beliau mampu membangun kota Madinah. Beliau membangun ekonomi ummat Islam. Mendorong transaksi perdagangan di kota Madinah. Beliau mendorong dan memotivasi para pedagang untuk membuat produk-produk yang dibutuhkan ummat Islam.

Pendek cerita, Rasulullah berhasil membangun ekonomi Islam serta berbagai model transaksinya sukses menjadi system pilihan masyarakat. Kesuksesan ini sangat ditunjang oleh personality Rasulullah sebagai 'uswah hasanah' atau suri tauladan yang baik.

Memiliki Planning dan Goal Setting yang Jelas

Rasulullah SAW merupakan seorang businessman yang sadar tentang pentingnya rencana dan strategi-strategi dalam menjalankan bisnisnya, ini terlihat dari seluruh dari perjalanan bisnis Rasulullah. Pada mulanya ia hidup mengembala. Namun setelah melakukan survey kecil-kecilan tentang pengembangan potensi bisnisnya, Rasullah melihat bahwa bisnis berdagang lebih menjanjikan, lebih-lebih keberadaan Makkah sebagai jalur pusara perdagangan orang-orang arab.

Seorang pengusaha semestinya mengerti karakter bisnisnya, nilai beda antara produk yang dikeluarkannya dengan produk yang dikeluarkan orang lain. Ia tahu kemana ia harus memasarkan barangnya, sehingga ia tidak memboroskan energinya secara sia-sia untuk menawarkan barang-barang kepada yang bukan segmennya. Dan tak lupa ia selalu melangkah berdasarkan pengetahuan yang mendalam dengan ditopang riset yang matang.

Pandai Mempromosikan Diri

Rasulullah merupakan seorang businessman dengan kesadaran promosi yang tinggi. Ia hafal betul masa-masa di mana para pedagang di penjuru dunia mengadakan transaksi dadakan di tempat-tempat tertentu. Kira-kira semacam bazaar atau pameran. Seolah tidak ingin membiarkan kesempatan itu berlalu begitu saja. Ia datangi tempa-tempat itu, mengikuti jalannya acara. Dari satu festival pasar dadakan ke festival yang lain yang ia ikuti itu, membuat Rasulullah dikenal luas oleh para pedagang di penjuru Jazirah Arab.

Tentu tidak sebatas itu, Rasulullah pun menunjukan pola bisnis yang berbeda dengan bisnis yang lain. Bisnis yang berhasis keterbukaan itulah yang di tunjukan oleh Rasulullah. Bila Businessman yang lain mematok berdasarkan harga jual atas harga barang dagangan kompetitor maka tidak demikian dengan Rasulullah. Ia lebih memilih menceritakan berapa harga barang yang ia beli sebelumnya dan memberikan kebebasan bagi para pembelinya untuk memberikan keuntungan atas dirinya.

Menggaji Karyawan Sebelum Kering Keringatnya

"Berikanlah gaji/upah kepada karyawan sebelum kering keringatnya, dan beritahukan ketentuan gaji/upahnya terhadap apa yang dikerjakan." (HR.Baihaqi)

Kalau kita mau merujuk di dunia management bisnis, antara gaji dan upah dibedakan. Sesungguhnya gaji dan upah sama saja. Yang penting adalah implementasinya.

Bekerja Keras dan Cerdas

Orang yang bekerja keras dan orang yang bekerja cerdas jelas sangat berbeda. Orang-orang yang bekerja dengan kecerdasannya memiliki keuntungan yang jauh berlipat jika dibandingkan dengan orang yang bekerja keras.

Perbedaan itu seperti perbedaan antara orang yang bekerja dengan target di kepalanya dan orang yang bekerja tanpa ada target dikepalanya. Seperti orang yang bekerja dengan mengembangkan teknik, dan orang yang bekerja dengan tanpa mengembangkan teknik.

Seorang entrepreneur adalah orang yang benar-benar sadar akan posisinya. Ia sadar kapan ia bergerak dan kapan ia tidak bergerak. Pandangannya jauh menerawang ke depan. Otaknya selalu dipenuhi oleh gagasan-gagasan baru yang cemerlang. Ia tidak bekerja dengan ototnya, tapi ia bekerja dengan otaknya.

Mengutamakan Sinergisme

"Siapa yang ingin rezekinya di panjangkan, maka hendaklah ia menyambung silaturahim".(HR.Muslim)
Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di muka bumi ini tapi tidak ada juga sesuatu yang sempurna oleh sebab itu kita membutuhkan orang lain sehebat apapun diri kita, pasti ada sesuatu yang tidak mungkin kita lakukan yang justru bisa dilakukan oleh orang lain. Dan ini berarti kita memerlukan orang lain untuk mencapai sesuatu itu.

Saat Rasulullah menjadi Rasul, beliau pernah bersabda, "Keberkahan sesungguhnya berada dalam jamaah. Dan tangan Allah sesungguhya bersama jamaah." Dalam dunia bisnis jamaah bisa diartikan dengan sinergisme. Dalam dunia bisnis, keuntungan atau penambahan nilai suklus akan terjadi jika di lakukan oleh sekelompok orang, yaitu sinergi. Dan dahsyatnya, lagi lagi hal itu telah dicontohkan oleh Rasulullah jauh jauh hari, berabad-abad silam.

Berbisnis Dengan Cinta dan Kasih Sayang 

"Barang siapa yang tidak mengasihi manusia maka ia tidak akan dikasihi Allah."(HR.Tarmizi)
Lihat dan amatilah perjalanan sejarah Rasulullah. Kepada siapa pun beliau selalu bertindak lembut dan penuh kecintaan. Termasuk juga kepada relasi relasinya tatkala beliau sedang menjalankan bisnisnya. Beliau adalah orang yang sangat piawai dalam memberikan perhatian kepada orang-orang di sekelilingnya, begitu piawainya beliau membagi perhatian itu, hingga hampir semua orang yang pernah bergaul dengan beliau, selalu merasa kalau mereka lah orang yang paling diistimewakan dan paling dekat dengan beliau.

Pandai Bersyukur dan Berucap Terimakasih

Kebanyakan orang, selalu merasa tidak berkecukupan. Ada orang yang hidupnya kaya, tapi tidak mempunyai keturunan. Ada yang banyak keluarganya tetapi hidupnya miskin. Ada orang yang mempunyai banyak uang tetapi musuhnya banyak. Ada orang yang kepribadiaanya baik sekali, tetapi badannya lemah dan sering sakit sakitan. Begitu seterusnya, sehingga mereka merasa serba kurang, dan karena merasa serba kurang, mereka pun lupa bersyukur pada Allah.

Be The Best, Menjadi Manusia yang Paling Bermanfaat

Cintailah orang lain, maka orang lain akan mencintaimu, tebarlah senyum, maka engkau akan memperoleh senyuman, berikan pertolongan, maka engkau akan mendapatkan pertolongan. Sebaliknya, makilah orang lain, engkau akan menuai kebencian, hinalah orang lain, engkau akan menuai kehinaan. Begitu seterusnya, dan seperti itulah hukum alam berbicara, dan seperti itu juga teladan agung Rasulullah menasehati kita lewat tindakan nyata.

Sumber:Penelitian Prof. Laode Kamauddin, Ph.D.

7 komentar

  1. alhmdllah,trma ksih kmi ucpkn kpd anda, smoga bermanfaat bgi kita smua,amin

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah tulisan yg bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .










































































































































































    Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus

 

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Reading

Artikel Favorit