Korban Kreditan (bagian 1)

Senin, 02 April 2012


Ayo Berwirausaha!
Pada posting ini  dan posting beberapa minggu ke depan kami akan membahas soal hutang. Siapa yang belum pernah berhutang? Hayo ngacung! Hehe, ko ga ada yang ngacung.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Utang Baik & Utang Buruk
Utang baik adalah utang untuk keperluan produktif yang menghasilkan pemasukan, terjangkau angsurannya karena hanya sepersekian dari penghasilan (kurang dari sepertiga penghasilan) dan angsurannya dibayar dari penghasilan yang didapat oleh uang pinjaman tersebut. Misalkan anda kredit mobil lalu mobil tersebut anda sewakan atau anda hutang untuk modal usaha yang menghasilkan untung.




Utang buruk adalah utang untuk keperluan konsumtif yang tidak menghasilkan pemasukan, atau angsurannya tidak terjangkau oleh penghasilan dan dibayar dari aset pemiliknya bahkan dari uang pinjaman dari kreditur lain. Sebagai contoh anda berhutang sejumlah uang untuk biaya liburan, cicilannya anda bayar dari gaji anda. Contoh lain anda kredit kendaraan, atau anda berhutang untuk membaiayai gaya hidup anda.

Di zaman yang semakin modern membawa masyarakat berfikir instan. Hasrat konsumsi semakin dimanjakan. Menariknya untuk memenuhi hasrat itu kita tidak perlu bersusah-susah dahulu, menabung untuk membeli barang yang kita inginkan. Tapi cukup mengajukan aplikasi kredit atau tinggal menggesek kartu kredit yang kita punya. Mudah bukan?

Mau motor, tinggal ke dealer modal slip gaji, KTP dan sejumlah DP, langsung dapet deh kendaraan yang kita inginkan. Bahkan ada yang nggak pake DP. Mau handphone terbaru, datengin aja konter tinggal ajuin saja aplikasi kreditnya. Pokoknya semua bisa kita dapat dengan mudah. Ini yang kemudian tanpa disadari merenggut sebagian besar penghasilan kita.

Sebagai contoh; berapa uang ekstra yang kita butuhkan untuk membayar bunga dari cicilan motor. Jika saat ini katakanlah harga 1 unit motor 12 juta, maka dengan kredit anda akan membayar harga kendaraan anda tak kurang dari 18 jika angsurannya selama 2-3 tahun. Memang segitu tak seberapa jika dicicil tiap bulan, apalagi bagi orang gajian yang tiap bulan pasti menerima gaji. Tapi efeknya sangat buruk untuk keuangan jangka panjang. So, kenali hutang baik atau buruk sebelum anda memutuskan untuk berhutang.


 

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Reading

Artikel Favorit