6 Jurus Mengembangkan Diri

Sabtu, 10 Maret 2012


Untuk hidup yang efektif dan efisien dibutuhkan ilmu untuk menjalaninya. Sejak belia kita sudah mendapatkan pendidikan, melalui Play Group, TK, SD dan kemuadian berlanjut SMP dan SMA, bahkan perguruan tinggi. Sepanjag proses itu kita kenyang dengan sajian kurikulum yang ditetapkan pemerintah.

Namun apakah itu cukup untuk bekal hidup di dunia yang sesungguhnya; kehidupan bermasyarakat, karir, dan spiritual. Dunia terus berubah, teknologi terus berkembang, kita pun dituntut untuk terus berkembang, meng-upgrade diri. Berikut 6 cara yang bisa kita pergunakan untuk mengembangkan diri:

Membaca

Banyak buku yang spesifik membahas masalah pengembangan diri di semua bidang; seperti buku tentang berfikir positif, psikologi, kewirausahaan, parenting, biografi, dan lain sebagianya.

Membaca buku beberapa bidang yang kita sukai akan meningkatkan pengembangan positif bagi kemajuan dan keseimbangan hidup yang anda inginkan. Dengan membaca minimal 20 menit setiap hari, kita akan melihat perbedaan besar pada cara berfikir dan berprilaku kita.

Dengarkan Audio

Jika anda lebih memilih mendengarkan daripada membaca, anda bisa mengunakan rekaman audio atau audiobook untuk meningkatkan pengetahuan anda. Dengan berkembangan media digital audiobook menjadi semakin mudah didapat. Ada yang berbayar ada juga yang gratis, rajin-rajin saja anda browsing internet. Cara lainnya adalah dengan mendengarkan radio-radio yang memiliki program talkshow inspiratif seperti SMART FM, PAS FM, dll.

Kelebihan dari audio bisa didengar kapan saja, sembari kita mengerjakan pekerjaan rutin—menyetir, memasak di dapur, atau aktifitas lainnya.

Tonton Video

Jika anda tergolong orang yang visual, pilihan ini lebih menarik. Agar nonton anda tak sia-sia, sisishkan waktu anda untuk menonton program-program dokumenter yang menambah pengetahuan seperti video biografi tokoh sukses, dokumenter ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Selain itu beberapa program televisi yang mendidik bisa menjadi pilihan seperti Mario Teguh Golden Ways, Wisata Hati Yusuf Mansur, Bosan Jadi Pegawai, dan lainya.

Soiree, Evening Party

Alternative lainnya adalah bergabung dengan banyak orang yang memiliki perhatian dan pengembangan sumber daya. Kita bisa menemukannya dalam seminar. Dalam seminar kita akan memperoleh pencerahan dari para motivator, bussines coach, atau professional bidang tertentu. Sebagai contoh seminar yang sering diadakan di kota-kota besar adalah: Finansial Revolution, Financial Planer, Seminar Investasi Properti, Internet Marketing, dan beberapa seminar yang diadakan oleh perguruan tinggi, media, maupun pihak swasta lainnya. Seminar semacam ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, dengan tiket dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Program Pelatihan

Program pelatihan sebenarnya hampir dengan seminar, bedanya pada durasi dan kedalaman materi yang disampaikan. Biasanya diadakan diakhir pekan dengan durasi waktu 3 hari; jumat, sabtu dan minggu. Sebagai contoh Program Pelatihan ini adalah Properti Rich Revolution (TDW Resoursources), Internet Marketing (Robert Hanson, Ali Akbar, dll). Entrepreuner Camp (YEA), Pesantren Kilat, dan masih bayak lagi program pelatihan lainnya.

Kursus Intensif

Kursus semacam ini dilakukan oleh instansi pendidikan yang bergerak dalam bidang pelatihan kerja. Salah satu contoh kursus insentif yaitu: Kursus Bahasa, Pajak, Kepabeanan, Penata Rambut, Multimedia, Fotografi dan lainya.

Dengan menggunakan salah satu atau beberapa cara di atas, diharapkan bisa menambah wawasan anda sebagai sarana investasi ilmu untuk masa depan yang lebih baik. Sejalan dengan pesan religi; tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahad.

Go Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Reading

Artikel Favorit