Arti Sebuah Nama

Selasa, 05 April 2011



Pentingnya Merek Pada Bisnis Anda.
Apalah Arti Sebuah Nama


Penulis novel Romeo and Juliet, Shakespeare pernah menyepelekan “apalah arti sebuah nama?” tetapi bagi umat muslim dan nasrani nama memiliki kedudukan yang mulia. Umat muslim menganggap bahwa nama adalah doa. Nasrani yang taat menganggap nama lebih berharga daripada harta yang berlimpah. Bahkan Confucius juga menegaskan bahwa nama bisa mengubah hidup. Luar biasa kan? Wong Jowo bersikukuh jeneng dulu, jenang belakangan (nama dulu, uang belakangan)! Sori bukannya mau sok intlek dengan mengutip sana-sini.

Nama akan menjadi pembeda antara benda satu dengan benda lainnya, orang ini dan orang itu, produk A dan produk B, organisasi X dan organisasi Y. Bagi kalangan pecinta alam pasti kenal dengan dengan nama MAPALA UI, WANADRI, AVTECK, EIGER,CONSINA. Bagi anda yang konsen dengan bola pasti tau dong Real Madrid, MU, League, Red Devil, Sang Matador, dan lain sebagainya. Trus apa hubungannya?


Semua itu ‘nama’, merek atau label yang menjadi bandrol hal-hal yang mirip tadi. Apa yang membedakan antara tas merek EIGER sama AVTEC? Biarpun model dan coraknya beda toh keduanya sama-sama tas. Apa bedanya mobil Xenia dan Avanza? Tipe, model, dan bentuk jibleg plek. Ya nggak?


Hanya merek yang membedakan, merek menjadi ruh pada peroduk tersebut. Terlepas dari masalah kualitas, jelasnya merek-merek tadi punya gengsi yang beda. Tahukan apa beda Baterai Sonny sama Wallgreen, Sanyo atau merek lainnya yang di produksi FDK. Cuma merekkan, labelnya doang yang beda.


Gimana sudah sepakat kalau nama sangtlah penting? Coba bayangkan jika semua manusia yang lahir tidak diberi nama. Pasti dunia akan kacau balau, otak kita akan dipusingkan karena harus mengingat dengan mengenali ciri-ciri orang satu dengan orang yang lain. Memori handphone kita tidak ada gunanya lagi, karena semua nomer disimpan tanpa dibedakan dengan nama si pemilik nomer. Ribet!


Saking banyaknya nama punya nama saja tidak lantas mudah di ingat orang lain. Apalagi kalau nama itu panjang dan ribet menyebutnya. Misal saja nama mobil PEUGOT, PT SAMUGUEL.


Umumnya kita lebih mudah mengingat sesuatu yang simpel, dan berbeda dari yang lain (eksklusiflah). Wajar kalau RINSO lebih familiar daripada Attack, SO KLIN lebih greget dibanding Surf. Karena, Attack dan Surf lebih sulit dilafalkan dibandingkan dengan RINSO atau SO KLIN.


So, untuk memulai bisnis atau usaha jangan lupa beri nama usaha anda. Kalau anda punya produk baru, sebelum anda jual anda harus memberi nama terlebih dahulu, berilah merek pada produk anda. Jika anda baru buka toko, sesegera mungkin kasih nama toko anda. Jangan ribet, jangan terlalu bimbang memilih nama yang kesannya gimana gitu. Terpenting jelas, simpel, dan unik. Goodluck!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Most Reading

Artikel Favorit